Doa Nabi Nuh A.S dan Terjemahannya

Juli 29, 2017 rengo dez 0 Comments

Nabi Nuh AS  merupakan salah satu Nabi dan Rasul yang diberi gelar Ulul Azmi. Ulul Azmi adalah gelar yang diberikan kepada para rasul yang memiliki kedudukan tinggi/ istimewa karena ketabahan dan kesabaran yang luar biasa, dalam menyebarkan agama. 

Di dalam al-Qur’an Allah SWT banyak mengisahkan perjalanan Nabi Nuh AS. Sehingga banyak sekali hikmah, pelajaran dan doa yang bisa kita jadikan pelajaran dan kita amalkan. Nabi Nuh A.S sebagai ulul azmi memiiliki kesabarannya dalam berdakwah ketika mendapat hinaan dari kaumnya. Nabi Nuh A.S tanpa menyerah terus menerus mendakwahi keluarga, kerabat dan masyarakat umum, untuk kembali kejalan yang lurus. Hampir 1000 tahun usianya jumlah umat yang mengikutinya tidak lebih dari 200 orang. Bahkan istri dan anaknya yang bernama Kan’an termasuk penentangnya. Atas kehendak Allah umat Nuh yang membangkang ditenggelamkan dengan gelombang air bah dan semuanya hancur, kecuali Nuh dan pengikutnya yang beriman.

Didalam al-Qur’an banyak sekali mengisahkan tentang sejarah Nabi Nuh AS yang banyak mengandung hikmah. Dan Berikut ini sudah kami rangkum Doa-doa Nabi Nuh AS, diantaranya :
1. Nabi Nuh AS Memohon Turun Hujan


ٱسۡتَغۡفِرُواْ رَبَّكُمۡ إِنَّهُۥ كَانَ غَفَّارٗا. يُرۡسِلِ ٱلسَّمَآءَ عَلَيۡكُم مِّدۡرَارٗا. وَيُمۡدِدۡكُم بِأَمۡوَٰلٖ وَبَنِينَ وَيَجۡعَل لَّكُمۡ جَنَّٰتٖ وَيَجۡعَل لَّكُمۡ أَنۡهَٰرٗا

“Mohonlah ampun kepada Tuhanmu. Sesungguhnya, Dia adalah Maha Pengampun. Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.” (Qs. Nuh: 10-12)

2. Doa Nabi Nuh AS Memohon Pertolongan


رَبِّ ٱنصُرۡنِي بِمَا كَذَّبُونِ


“Ya Tuhanku, tolonglah aku, karena mereka mendustakan aku” (Qs. Al-Mukminun: 26)

3. Doa Nabi Nuh AS Memohon Keselamatan Dirinya dan Orang-orang Beriman


رَّبِّ ٱغۡفِرۡ لِي وَلِوَٰلِدَيَّ وَلِمَن دَخَلَ بَيۡتِيَ مُؤۡمِنٗا وَلِلۡمُؤۡمِنِينَ

 وَٱلۡمُؤۡمِنَٰتِۖ وَلَا تَزِدِ ٱلظَّٰلِمِينَ إِلَّا تَبَارًا

“Ya Tuhanku! Ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim itu selain kebinasaan.” (Qs. Nuh: 28)

4. Doa Nabi Nuh AS Memohon Keselamatan Ketika Berlayar

بِسۡمِ ٱللَّهِ مَجۡرٜىٰهَا وَمُرۡسَىٰهَآۚ إِنَّ رَبِّي لَغَفُورٌ رَّحِيمٌ

“…Dengan menyebut nama Allah di waktu berlayar dan berlabuhnya. Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” (Qs. Huud: 41)

Ada bacaan lengkap yang diajarkan oleh Rasulullah SAW sebagaimana yang diriwayatkan oleh Marwan bin Salim dari Thalhah bin Abdillah bin Kurez, dari Husein bin Ali RA, bahwasannya Rasulullah SAW bersabda, “Umatku akan diselamatkan dari tenggelam di laut ketika ia menaiki kapal laut dan membaca doa:



 وَمَا قَدَرُواْ ٱللَّهَ حَقَّ قَدۡرِهِۦ وَٱلۡأَرۡضُ جَمِيعٗا قَبۡضَتُهُۥ يَوۡمَ ٱلۡقِيَٰمَةِ وَٱلسَّمَٰوَٰتُ مَطۡوِيَّٰتُۢ بِيَمِينِهِۦۚ سُبۡحَٰنَهُۥ وَتَعَٰلَىٰ عَمَّا يُشۡرِكُونَ. بِسۡمِ ٱللَّهِ مَجۡرٜىٰهَا وَمُرۡسَىٰهَآۚ إِنَّ رَبِّي لَغَفُورٞ رَّحِيمٞ
 

“Dan mereka tidak mengagungkan Allah dengan pengagungan yang semestinya padahal bumi seluruhnya dalam genggaman-Nya pada hari kiamat dan langit digulung dengan tangan kanan-Nya. Maha Suci Tuhan dan Maha Tinggi Dia dari apa yang mereka persekutukan.” (Qs. Az-Zumar: 67) “Dengan menyebut nama Allah di waktu berlayar dan berlabuhnya”. Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Qs. Huud: 41)

5. Doa Nabi Nuh AS Memohon Perlindungan dari Meminta Sesuatu yang Tidak Bermanfaat

رَبِّ إِنِّيٓ أَعُوذُ بِكَ أَنۡ أَسۡ‍َٔلَكَ مَا لَيۡسَ لِي بِهِۦ عِلۡمٞۖ وَإِلَّا تَغۡفِرۡ لِي وَتَرۡحَمۡنِيٓ أَكُن مِّنَ ٱلۡخَٰسِرِينَ

“Ya Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari memohon kepada Engkau sesuatu yang aku tiada mengetahui (hakekat)nya. Dan sekiranya Engkau tidak memberi ampun kepadaku, dan (tidak) menaruh belas kasihan kepadaku, niscaya aku akan termasuk orang-orang yang merugi.” (Qs. Huud: 47)

6. Doa Nabi Nuh AS Setelah Diselamatkan dari Kaum yang Zhalim



اَلۡحَمۡدُ لِلَّهِ ٱلَّذِي نَجَّىٰنَا مِنَ ٱلۡقَوۡمِ ٱلظَّٰلِمِينَ

“Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan kami dari orang-orang yang zalim.” (Qs. Al-Mu’minun: 28)

7. Doa Nabi Nuh AS Memohon Ditempatkan di Lingkungan yang Baik



رَّبِّ أَنزِلۡنِي مُنزَلٗا مُّبَارَكٗا وَأَنتَ خَيۡرُ ٱلۡمُنزِلِينَ

“…Ya Tuhanku, tempatkanlah aku pada tempat yang diberkati, dan Engkau adalah sebaik-baik Yang memberi tempat.” (Qs. Al-Mu’minun: 29)

8. Doa Keselamatan dan Kesejahteraan bagi Nabi Nuh AS


سَلَٰمٌ عَلَىٰ نُوحٖ فِي ٱلۡعَٰلَمِينَ

You Might Also Like

0 komentar:

Home Ads

Ceramah Inspiratif