Doa Nabi Muhammad SAW Memohon Tambahan Ilmu

Juli 29, 2017 rengo dez 0 Comments

Menuntut ilmu adalah kewajiban, sehingga setiap muslim dituntut untuk belajar. Ketika ia telah memahami suatu ilmu maka ia pun wajib pula mengajarkannya kepada orang-orang yang belum paham. Dengan demikian, kelak diharapkan takkan ada lagi kaum muslimin yang melakukan amalan sesuatu namun ketika ia melakukan amalan tersebut ia tidak memiliki ilmu sebagai acuan dalam mengamalkan perbuatan tersebut, terlebih perbuatan tersebut disandarkan kedalam ibadah.

Adapun salah satu doa menuntut ilmu yang menurut saya memiliki arti yang sangat baik sehingga saya selalu membacanya sampai saat ini adalah doa yang dibacakan oleh Rasululloh SAW. Do'a ini dapat pula kita amalkan setiap kali kita hendak mempelajari ilmu, terutama ilmu Al-Qur'an dan Hadits-Hadits Nabi SAW. 

Dengan membaca doa ini Kita memohon kepada Allah agar Al Qur'an yang kita pelajari dapat menambah luasnya ilmu pengetahuan kita sehingga dapat kita jadikan sebagai pegangan dalam menjalani kehidupan di dunia fana ini dengan sebaik-baiknya. Dan berikut ini Doa Nabi Muhammad SAW Kerika Memohon Tambahan Ilmu lengkap bahasa arab, latin dan artinya.

Do’a dari Al-Qur`an :

رَبِّ زِدْنِي عِلْماً

"Duhai Rabbku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan." (QS. Thaha : 114)

Do’a dari Sunnah Rasulullah :


اَللَّهُمَّ إنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizki yang halal, dan amal yang diterima.”

(Hadits Shahih. Diriwayatkan oleh al-Humaidi (1/143) no. 299, Ahmad (6/322), Ibnu Majah no. 925)
اَللَّهُمَّ انْفَعْنِيْ بِمَا عَلَّمْتَنِيْ وَعَلِّمْنِيْ مَا يَنْفَعُنِيْ وَزِدْنِيْ عِلْمًا

“Ya Allah, berikanlah manfaat kepadaku dengan apa-apa yang Engkau ajarkan kepadaku, dan ajarkanlah aku apa-apa yang bermanfaat bagiku dan tambahkanlah ilmu kepadaku.”

(Hadits Shahih. Diriwayatkan oleh at-Tirmidzi no. 3599 dan Ibnu Majah no. 251, 3833 dari Abu Hurairah)
اَللَّهُمَّ إنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لاَ يَنْفَعْ وَمِنْ قَلْبٍ لاَ يَخْشَعْ وَمِنْ نَفْسٍ لاَ تَشْبَعْ وَمِنْ دَعْوَةٍ لاَ يُسْتَجَابُ لَهُ

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, hati yang tidak khusu’, nafsu yang tidak pernah puas, dan do’a yang tidak dikabulkan.”

(Hadits Shahih. Diriwayatkan oleh Muslim no. 2722 dan An Nasaa-i (8/260) dari Sahabat Zaid bin Al Arqam)

Do'a Nabi Muhammad saw diatas dapat pula kita ajarkan kepada anak-anak kita setiap kali hendak belajar, baik belajar ilmu jasmani (keduniaan) atau belajar ilmu rohani (keagamaan). Karena kedua ilmu ini bersumber dari Allah SWT, dan keduanya dapat dijadikan sebagai pegangan oleh setiap umat manusia untuk mengetahui mana itu perbuatan yang haq dan mana perbuatan yang bathil, sehingga kita dapat menjalani kehidupan sesuai dengan apa yang telah disyariatkan oleh Allah SWT dan Rasul-Nya. 

You Might Also Like

0 komentar:

Home Ads

Ceramah Inspiratif